Kepulauan Seribu Sungguh Mempesona

Kepulauan Seribu atau Pulau Seribu merupakan bagian wilayah provinsi DKI Jakarta, terletak di utara jakarta dan merupakan Kabupaten Adminitratif Kepulauan Seribu dibawah Kodya Jakarta Utara. terdiri dari beberapa pulau besar dan kecil, ada pulau yang di tinggali penduduk dan ada juga pulau resort. sudah beberapa tahun belakangan pulau-pulau berpenduduk mulai berkembang menjadi pulau wisata yang banyak di kunjungi wisatawan baik lokal maupun asing dalam mengisi liburan.
Ada beberapa pulau yang mempunyai pesona bagi wisatawan dan menjadi primadona untuk di jadikan tujuan wisata, Pesona Kepulauan Seribu antara lain ada pulau tidung, pulau pramuka, pulau pari dan pulau harapan. pulau-pulau tersebut mempunyai kelebihan masing-masing untuk menarik wisatawan datang kesana. ada pulau yang mengandalkan pemandangan pantai yang masih alami seperti pulau pari dengan pantai pasir perawan dan pulau harapan dengan pantainya yang indah. spot-spot snorkeling yang bagus dengan keadaan trumbu karang yang masih asri seperti di pulau tidung atau pulau pari, ada juga pulau pramuka yang menawarkan wisata observasi seperti penangkaran penyu dan penangkaran hiu.
Jembatan Cinta, Pulau Tidung
Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia. Pulau Tidung yang terdiri dari Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungkan oleh jembatan panjang yang dinamakan Jembatan Cinta oleh penduduk setempat ini terletak di Kepulauan Seribu Selatan bagian barat, dengan jarak tempuh kurang lebih 3 jam perjalanan dari Muara Angke dengan kapal penumpang. dengan harga tiket kapal + asuransi sekitar Rp 45.000,- sekali jalan.

Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau yang berada pada gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini merupakan pusat administrasi dan pemerintahan Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka termasuk ke dalam Kelurahan Pulau Panggang. Tata tempat tinggal dan sanitasi Pulau Pramuka cukup baik, sedangkan dalam bidang pendidikan sudah terdapat sekolah dari SD hingga SMA. Sarana pra sarana cukup memadai mulai dari masjid, rumah sakit, sekolah, dermaga, TPI (Tempat Pelelangan Ikan) dan penginapan bagi pengunjung wisata.Pulau ini dapat dicapai melalui perjalanan laut dengan perahu motor tradisional dari pelabuhan nelayan Muara Angke atau dengan perahu motor cepat (speedboat) dari dermaga kapal Marina Ancol di kompleks Taman Impian Jaya Ancol. Apabila ingin melakukan perjalanan ke pulau lainnya di Kepulauan Seribu, pengunjung dapat menyewa ojek perahu untuk diantar langsung ke Pulau Panggang, Pulau Karya, Pulau Semak Daun, dan pulau-pulau lainnya.
Pulau Pari adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia.Pulau ini berada di tengah gugusan pulau yang berderet dari selatan ke utara perairan Jakarta. Dengan pantainya yang berpasir putih dan berair bening kehijauan, Pulau Pari menjadi salah satu objek wisata di Kepulauan seribu. Tiga obyek yang menjadi andalan Pulau Pari adalah Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Ketiganya dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Pendapatan dari usaha pariwisata dikelola untuk pengembangan infrastruktur dan fasilitas wisata, kebersihan dan perawatan, serta pembiayaan kegiatan sosial masyarakat.

Pulau Harapan adalah pulau penduduk yang masih asri dan tenang. Pulau Harapan berdekatan dengan pulau-pulau wisata di Kepulauan Seribu Utara seperti Pulau Putri yang terkenal dengan Aqurium bawah lautnya, Pulau Sepa yang terkenal dengan pantai yang bersih dan berpasir putih. Selain itu Pulau Harapan adalah pulau yang berdekatan langsung dengan Bandara udara Kepulauan Seribu. Selain berdekatan dengan pulau-pulau wisata, Kondisi alam disekitar Pulau Harapan masih terjaga sehingga masih banyak ditemukan ikan maupun karang hias yang masih alami. Spot buat snorkling yang jauh lebih bagus, Pulau Harapan sangat mungkin akan menjadi tujuan wisata yang sangat diminati.